JANNAH, DINA ULFA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101747 KLUMPANG KEBUN KECAMATAN HAMPARAN PERAK T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111026_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1141111026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 1141111026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 1141111026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1141111026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM. 1141111026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1141111026_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 1141111026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM. 1141111026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 1141111026_BAB I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
14. NIM. 1141111026_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
15. NIM. 1141111026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101747 Klumpang Kebun Kec. Hamparan Perak pada pelajaran IPA materi sumber daya alam. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) pada materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 101747 Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak T.A 2017/2018. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing – masing siklus dilakukan dalam dua kali pertemuaan. Tahapan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101747 Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak yang berjumlah 18 orang siswa yang terdiri dari 9 laki – laki dan 9 perempuan. Analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat sebelum dilakukan
tindakan siklus I, peneliti melakukan pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil yang diperoleh dari tindakan pre test yaitu, jumlah nilai rata – rata kelas adalah 47,2 dan siswa yang memenuhi nilai KKM atau tuntas sebanyak 2 siswa atau sebesar 11,11% dari total jumlah siswa (18 siswa). Pada tindakan siklus I, di ketahui bahwa jumlah nilai rata – rata kelas adalah 65 dan siswa yang
memenuhi KKM atau tuntas sebanyak 10 siswa atau mencapai 55,55% dari total jumlah siswa (18 siswa). Pada tindakan siklus II, diketahui bahwa jumlah nilai rata – rata kelas adalah 80,56 dan siswa yang memenuhi nilai KKM atau tuntas
sebanyak 16 siswa atau mencapai 88,89% dari total jumlah siswa (18 siswa). Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dengan ketuntasan belajar klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan minimal yaitu 85%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam kelas IV SD Negeri 101747 Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 113 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:43 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33224 |