MAZYYATUL RAHMAH (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131111021 COVER .pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 4131111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 4131111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 4131111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 4131111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
6. NIM. 4131111021 TABLE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 4131111021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. NIM. 4131111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4131111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 4131111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving menggunakan Macromedia Flash pada materi polinomial di kelas XI SMA Negeri 2 Tebing Tinggi T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan populasi adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tebing Tinggi sebanyak 12 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara cluster random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. Dari data hasil pretest diperoleh bahwa kedua data berasal dari populasi siswa yang berdistribusi normal dan berasal dari dua populasi siswa yang mempunyai varians yang sama besar. Pengujian hipotesis yang dilakukan pada data hasil posttest yaitu dengan mengggunakan uji t diperoleh thitung (3,2862) > ttabel (1,669). Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving menggunakan Macromedia Flash di kelas XI SMA Negeri 2 Tebing Tinggi T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 173 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS; PBL; TAPPS; MACROMEDIA FLASH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 15:05 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32990 |