S., ARGA NOVIA BERNADETTA (2018) IMPLEMENTASI METODE SUZUKI DALAM PEMBELAJARAN BIOLA TINGKAT DASAR DI ERA MUSIKA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2141140004 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02. NIM 2141140004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
03. NIM 2141140004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
04. NIM 2141140004 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
06. NIM 2141140004 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
05. NIM 2141140004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
10. NIM 2141140004 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM 2141140004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
12. NIM 2141140004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran biola tingat dasar menggukan metode Suzuki di Era Musika Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengambil instrumen biola di Era Musika Medan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berhubungan dengan implementasi pembelajaran biola tingkat dasar dengan metode suzuki, yang ditinjau dari proses langkah-langkah pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan bersifat kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara rinci dan jelas tentang suatu fenomena yang menjadi fokus penelitian. Hasil penelitian implementasi pembelajaran biola tingkat dasar menggunakan metode Suzuki di Era Musika Medan menunjukkan sebagai berikut (1) Pendidikan dimulai di usia sangat dini dengan cara tidak membatasi siswa yang belajar biola di Era Musika Medan. (2) Mendahulukan mengajarkan siswa mendengarkan baru memainkan alat musik, dengan cara guru mendemonstrasikan lagu yang dipelajari siswa baru siswa menirukan lagu tersebut. (3) Pembelajaran biola berlangsung dengan memberikan lagu yang ada di dalam buku Suzuki secara berulang-ulang. (4) Pembelajaran membaca notasi balok menggunakan penjarian sesuai dengan yang ada di dalam buku metode suzuki. Kesimpulan proses pembelaran biola dengan metode suzuki di Era Musika Medan tidak sepenuhnya mengikuti metode suzuki. Hal tersebut terbukti tidak adanya CD pembelajaran dalam proses pembelajaran karena guru yang berlangsung mendemonstrasikan lagu yang sedang dipelajari kemudian tidak adanya pembelajaran kelompok karena di Era Musika menggunakan sistem pembelajaran mandiri dan tidak ada kelas untuk pembelajaran berkelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSK 045 |
Keywords: | implementasi,metode suzuki, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 14:18 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32963 |