SINAGA, RIA LANTI (2018) PERBEDAAN RETENSI SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT, REVIEW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143340143 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4143340143 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 4143340143 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 4143340143 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 4143340143 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 4143340143 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM. 4143340143 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM. 4143340143 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 4143340143 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM. 4143340143 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 4143340143 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan daya retensi siswa pada pembelajaran dengan strategi PQ4R dan konvensional pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA-I dan XI MIA-III SMA Negeri 10 Medan dengan melakukan pembelajaran menggunakan strategi PQ4R untuk kelas XI MIA-I dan konvensional dengan ceramah dan diskusi untuk kelas XI MIA-III. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes objektif yang berjumlah 25 soal yang dilakukan untuk mendapatkan retensi siswa 3 minggu setelah tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa retensi siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dengan rata-rata sebesar 74,57% lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan rata-rata sebesar 67,40%. Berdasarkan hasil uji statistik t diperoleh thitung = 2,084, dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,999. Ternyata thitung > ttabel (2,084 > 1,999). Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada retensi siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dan pembelajaran konvensional pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 058 |
Keywords: | PQ4R; pembelajaran konvensional; retensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 09:52 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32786 |