MAISARAH, CUT (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143111012 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM 4143111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM 4143111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM 4143111012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM 4143111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 4143111012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4143111012 TABLE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 4143111012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 4143111012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
13. NIM 4143111012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM 4143111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dan aktivitas siswa pada materi pecahan di kelasVIII SMP Muhammadiyah 07 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan dengan banyak siswa 30 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik melalui pendekatan metakognitif pada materi sistem persamaan linear satu variabel (SPLDV). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes yang telah divalidasi oleh validator.Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana tiap akhir siklus diberi tes kemampuan pemecahan masalah. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa 33,89% siswa yang memahami masalah, 26,30% siswa yang mampu merencanakan pemecahan masalah, 23,70% siswa yang mampu melaksanakan pemecahan masalah dan 6,11% siswa yang memeriksa kembali prosedur hasil yang diperoleh. Setelah pemberian tindakan pembelajaran dengan pendekatan metakognitif hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada materi pecahan pada siklus I diperoleh siswa yang memahami masalah 73,33%, siswa yang mampu merencanakan penyelesaian masalah 62,59%, siswa yang mampu menyelesaikan masalah 66,67% dan siswa yang mampu memeriksa kembali sebesar 61,11%. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh siswa yang memahami masalah 98,89%, siswa yang mampu merencanakan penyelesaian masalah 91,48% , siswa yang mampu menyelesaikan masalah 90%, dan siswa yang mampu memeriksa kembali sebesar 98,89%. Persentase kemampuan pemecahan masalah pada siklus II lebih tinggi dibandingkan dengan persentase kemampuan pemecahan masalah pada siklus I. Dari kemampuan pemecahan masalah secara klasikal pada siklus II lebih tinggi dibandingkan siklus I. Kesimpulan penerapan pendekatan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 039 |
Keywords: | Pendekatan Metakognitif, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 14:40 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32702 |