RAHAYU, PUJI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_4143121041_COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
02_4143121041_APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
03_4143121041_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
04_4143121041_PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
05_4143121041_TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
06_4143121041_TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
07_4143121041_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
08_4143121041_APPENDICS.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9_4143121041_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13_4143121041_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14_4143121041_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan two group pre-test-post-test design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas dari 6 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian, digunakan instrumen hasil belajar berupa tes hasil belajar dan untuk memperoleh data aktivitas siswa digunakan lembar observasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t setelah data berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan pembelajaran, hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan menjadi 82,45 dan kelas kontrol menjadi 76,00. Dari hasil pengamatan observer diperoleh peningkatan rata- rata aktivitas belajar siswa dalam kategori aktif. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (5,493 > 1,669) maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 12 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 050 |
Keywords: | Inquiry Training, hasil belajar, elastisitas dan hukum hooke |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:13 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32613 |