SINAGA, YUNI EVANY (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS KELAS XI SEMESTER I SMAN 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121068 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM.4143121068 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4143121068 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4. NIM. 4143121068 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM. 4143121068 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM 4143121068 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7. NIM. 4143121068 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM.4143121068 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 4143121068 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4143121068 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
14. NIM 4143121068 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran scientific inquiry dengan metode pictorial riddle terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Elastisitas kelas XI semester I di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretes – posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas ekperimen dengan menerapkan model pembelajaran scientific inquiry dengan metode pictorial riddle dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menerapankan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 21,37 dan nilai rata-rata kelas kontrol 19,21. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,854, ttabel = 1,998, maka dapat disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran scientific inquiry dengan metode pictorial riddle pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postest. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 82,69 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,71. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 5,910 dan = 1,670. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran scientific inquiry dengan metode pictorial riddle terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas kelas XI semester I di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 047 |
Keywords: | model pembelajaran; scientific inquiry; pictorial riddle; keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:05 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32609 |