PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SAINS SISWA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KABANJAHE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

PURBA, INEZ FIDELA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SAINS SISWA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KABANJAHE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143141024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143141024 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143141024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143141024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143141024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143141024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143141024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143141024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143141024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143141024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143141024 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143141024 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143141024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143141024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143141024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143141024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143141024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143141024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143141024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap terhadap sains siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA SMAN 2 Kabanjahe. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara random sampling yaitu kelas eksperimen yakni X MIPA 5 dengan model pembelajaran Problem Based Learning, kelas MIPA 3 dengan model kooperatif Group Investigasi, dan kelas X MIPA 6 sebagai kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan tes uraian dan sikap sains siswa dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Analisis varian satu jalur ( One Way Anova) serta uji Tukey dengan bantuan program SPSS 22,0. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) ada pengaruh yang sangat signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (Fh = 8,764 ; P = 0.000). (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap sikap sains siswa (Fh= 3,435; P=0,036). Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (75,18) sangat signifikan berbeda dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (65,18), akan tetapi tidak berbeda dengan yang dibelajarkan dengan model Group Investigasi serta kemampuan berpikir kritis Group Investigasi (73,25) berbeda secara sangat signifikan dengan konvensional (65,18). Sikap terhadap sains siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (83,35) berbeda secara signifikan dengan yang dibelajarkan dengan model konvensional (79,68), akan tetapi tidak berbeda yang dibelajarkan dengan model Group Investigasi (82,53).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 019
Keywords: KEMAMPUAN BERPIKIR KRTIS, SIKAP SAINS, PROBLEM BASED LEARNING, GROUP INVESTIGATION
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 09:40
Last Modified: 04 Mar 2020 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32593

Actions (login required)

View Item
View Item