AMELIA, RIZKI YOLANDA (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH DI KELAS X IPA SMA MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142141014 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4142141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
3. NIM 4142141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 4142141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 4142141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 4142141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 4142141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4142141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 4142141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM 4142141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 4142141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Biologi Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah di kelas X IPA SMA Muhammadiyah 01 Medan T.P 2017/2018 melalui penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 01 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 62 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan juga memberikan tes berupa tes objektif yang berjumlah 20 soal. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa siswa yang tampak dari hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil belajar dapat diketahui dengan memberikan posttest bagi siswa di akhir pertemuan. Aktivitas siswa yang meliputi: (1) Aktivitas bertanya, (2) Aktivitas mengkomunikasikan, (3) Aktivitas menjawab pertanyaan, (4) Aktivitas menyimpulkan pembelajaran, (5) Aktivitas argumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 75 % siswa memiliki nilai ≥ 75. Hal ini menunjukkan peningkatan dibandingkan nilai posttest yang hanya 40 % siswa meiliki nilai >75. Aktivitas siswa tergolong baik pada aktivitas bertanya dan aktivitas menjawab pertanyaan serta tergolong cukup pada aktivitas mengkomunikasikan, aktivitas menyimpulkan dan aktivitas argumentasi. Strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Biologi materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah di kelas X IPA SMA Muhammadiyah 01 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 014 |
Keywords: | Kemampuan berpikir kritis; Strategi Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 15:00 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32565 |