RAHMAH, MIFTAHUR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENEGTAHUAN KONSEPTUAL SISWA DI SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121040 COVER.docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4141121040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM. 4141121040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 4141121040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM. 4141121040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 4141121040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 4141121040 TABLES.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
8. NIM. 4141121040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
9. NIM. 4141121040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM. 4141121040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 4141121040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa dan aktivitas siswa pada materi pokok gerak lurus. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Swasta Eria Medan T.P. 2018/2019. Sampel penelitian diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional, dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian sebanyak 7 soal saat pretes dan postest dan observasi aktivitas siswa. Hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 28,77 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 29,82. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = -0,35 < 2,05 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Perhitungan rata-rata nilai Aktivitas siswa kelas eksperimen setiap pertemuannya 70 tergolong kategori aktif. Sedangkan perhitungan rata-rata nilai Aktivitas siswa kelas kontrol setiap pertemuannya 60,7 tergolong kategori cukup aktif. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sedangkan kelas kontrol hanya menerapkan model pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,19 dan kelas kontrol 69,82. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 2,68 > 1,6703 sehingga Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation secara signifikan terhadap hasil belajar ranah pengetahuan konseptual siswa pada materi gerak lurus kelas X SMA Swasta Eria Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 031 |
Keywords: | Kooperatif Tipe Group Investigation; Pengetahuan Konseptual; Aktivitas Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:42 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32526 |