SIREGAR, HALIMATUS SADYAH (2018) PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 3 MEDAN KELAS XI SEMESTER GANJIL T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121023 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4141121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM. 4141121023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4141121023 PREPACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 4141121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 4141121023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4141121023 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4141121023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4141121023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13. NIM 4141121023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM. 4141121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 3 Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluser random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas XI-Mia 7 sebagai kelas eksperimen dengan model Inquiry Training dan kelas XI-Mia 6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar berupa keterampilan proses sains dalam penelitian, digunakan instrumen yang berupa tes belajar dan untuk memperoleh data aktivitas siswa digunakan lembar observasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t setelah data berdistribusi normal dan homogen. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas yang diajarkan dengan model Inquiry Training sebesar 32,8 dan nilai rata-rata posttest 76,3 dalam kategori baik. Dan nilai rata rata pretest pada kelas yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 29,52 dan nilai rata-rata postets 58,9 termasuk dalam kategori cukup baik. Dari hasil pengamatan observer diperoleh peningkatan rata- rata aktivitas belajar siswa dalam kategori aktif. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel(6,621 > 1,668) makaHa diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelasXI SMA Negeri 3 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 026 |
Keywords: | Inquiry Training;Keterampilan Proses Sains(KPS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:31 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32519 |