RITONGA, HERLINAYATI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SMAN 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142121019 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4142121019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM 4142121019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM 4142121019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 4142121019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM 4142121019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM 4142121019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM 4142121019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM 4142121019 BAB I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM 4142121019 BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 4142121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional, pengaruh gender terhadap hasil belajar fisika siswa, dan interaksi antara model pembelajaran dengan gender siswa dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA – 2 sebagai kelas inquiry training dan kelas XI MIA – 3 sebagai kelas konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang pada setiap kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh model inquiry training dan konvensional terhadap hasil belajar siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (7,67> 4,002), terdapat pengaruh gender terhadap hasil belajar siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (5,06> 4,002), terdapat pengaruh interaksi antara kedua model pembelajaran dan gender siswa terhadap hasil belajar siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (11,99> 4,002). Berdasarkan hasil uji ANAVA yang dilakukan terdapat pengaruh model pembelajaran, pengaruh gender, dan interaksi antara model pembelajaran dan gender dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 022 |
Keywords: | INQUIRY TRAINING;GENDER;HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:15 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32512 |