NASUTION, FADHILAH (2019) PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4141121019 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02. NIM 4141121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
03. NIM 4141121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
04. NIM 4141121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
05. NIM 4141121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
06. NIM 4141121019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM 4141121019 TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
08. NIM 4141121019 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
09. NIM 4141121019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM 4141121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4141121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model inquiry training terhadap hasil belajar siswa, (2) mengetahui aktivitas belajar siswa selama pembelajaran
berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari empat kelas MIA. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan cara Class Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda diperoleh jumlah soal yang valid sebanyak 15 item soal dari 20 item soal yang telah divalidasi oleh dua dosen ahli dan satu guru bidang studi fisika. Keseluruhan item yang di uji juga diperoleh dalam kategori reliabilitas tinggi yaitu sebesar 0,74 dengan membandingkan nilai r product dengan ∝= 0,05 dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t). Data penelitian menunjukkan skor rata-rata pretes kelas eksperimen 34,1 dengan standar deviasi 14,0 dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretes sebesar 35,2 dengan standar deviasi 13,6 sedangkan skor rata-rata postest kelas eksperimen 75,0 dengan standar deviasi 12,8 dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata postest sebesar 61,7, dengan
standar deviasi 12,2. Kedua kelas berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan aktivitas pada setiap pertemuan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t ,diperoleh thitung = 4,4998, artinya bahwa ada pengaruh model inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X Semester I SMA Negeri 9 Medan T.P 2018/2019 yang sejalan dengan meningkatnya aktivitas pada setiap pertemuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 012 |
Keywords: | INQUIRY TRAINING; HASIL BELAJAR; PENGUKURAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC81 Weights and measures |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 10:28 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32485 |