PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII-4 SMP PERGURUAN SUMATERA TANJUNG MORAWA T.A 2017/2018

EVAINI, DWI NUR (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII-4 SMP PERGURUAN SUMATERA TANJUNG MORAWA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4122111008 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4122111008 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4122111008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4122111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4122111008 ABSTRACT_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4122111008 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4122111008 PREFACE_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4122111008 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4122111008 CONTENTS_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4122111008 CONTENTS_docx.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4122111008 ILUSTRATIONS_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4122111008 ILUSTRATIONS_docx.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4122111008 TABLES_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4122111008 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4122111008 APPENDIX_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4122111008 APPENDIX_docx.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122111008 CHAPTER I_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122111008 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4122111008 CHAPTER V_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4122111008 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4122111008 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4122111008 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VII-4 SMP Perguruan Sumatra Tanjung Morawa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT), (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VII-4 SMP Perguruan Sumatra Tanjung Morawa, (3) Untuk mengetahui bagaimana
peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VII-4 SMP Perguruan Sumatra Tanjung Morawa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di SMP Perguruan Sumatra Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Perguruan Sumatera Tanjung Morawa T.A 2017/2018 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah
meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas VII-4 SMP Perguruan Sumatera Tanjung Morawa T.A 2017/2018. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui
pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 16 siswa (44,44%) dari 36 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal kategori sedang (nilainya ≥ 70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika diperoleh 32 siswa (88,88%) dari 36 siswa yang telah memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal kategori sedang (nilainya ≥ 70). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa untuk setiap aspek yang diteliti, persentase siswa
yang memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal kategori sedang (nilainya  70) pada aspek menggambar sebesar 66,67%, pada aspek ekspresi matematika sebesar 66,67%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 55,56%.
Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : persentase siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal kategori sedang (nilainya  70) pada aspek menggambar sebesar 86,11%, pada aspek ekspresi matematika sebesar 88,89%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 88,89%. iv Berdasarkan uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas VII-4 SMP Perguruan Sumatera Tanjung Morawa T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 012
Keywords: Komunikasi Matemata, Teams Games Tournement (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 26 Feb 2019 14:33
Last Modified: 10 Mar 2020 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32409

Actions (login required)

View Item
View Item