CANDRA, DESPRI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/ 2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143142007 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 7143142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM 7143142007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM 7143142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 7143142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM 7143142007 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 7143142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 7143142007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7143142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
13. NIM 7143142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 7143142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan TP. 2018/ 2019 melalui penerapan model pembelajaran Generative Learning berbantuan Media LKS. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan pada semester ganjil
TP. 2018/ 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 3 yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Generative Learning berbantuan Media LKS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dari lembar observasi kemampuan berpikir kritis diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu, tidak ada siswa yang termasuk ke dalam kategori sangat kritis, 14 siswa masuk dalam kategori kritis (41,17%), 20 siswa masuk dalam kategori cukup kritis (58,82%) dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori kurang kritis. Terjadi peningkatan pada
siklus II, dimana sebanyak 6 siswa masuk dalam kategori sangat kritis (17,64%), 27 siswa masuk dalam kategori kritis (79,41%), 1 siswa masuk dalam kategori cukup kritis (2,94%), dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori kurang kritis. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa, dimana pada siklus I terdapat 20 siswa (58,82%) yang tuntas belajar kemudian meningkat pada siklus II menjadi 32 siswa (94,11%) yang tuntas belajar. sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 90% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generative Learning berbantuan Media LKS dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan
TP. 2018/ 2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 137 |
Keywords: | KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS; HASIL BELAJAR AKUNTANSI; MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING; MEDIA LKS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 15:16 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32225 |