PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQURY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P. 2018/2019

SINAMBELA, GLORIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQURY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132121010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121010 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132121010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132121010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132121010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132121010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4132121010 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132121010 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132121010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132121010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132121010 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132121010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132121010 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132121010 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132121010 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132121010 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132121010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4132121010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4132121010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran inquiry training pada siswa yang bertujuan untuk (1) Mengetahui keterampilan proses sains siswa menggunakan model inquiry training. (2) Mengetahui keterampilan proses sains siswa menggunakan model konvensional. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan dengan two group pretes-postes design dengan populasi seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Swasta Raksana Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah masing-masing 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes esai yang berjumlah 10 item yang telah divalidkan dan lembar observasi sikap dan keterampilan siswa. Analisa data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 29,97 dengan standar deviasi sebesar 6,54 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 27,45 dengan standar deviasi 6,36. Diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 77,58 dengan standar deviasi 4,65 dan kelas kontrol sebesar 72,06 dengan standar deviasi 4,55. Hasil yang diperoleh (1) Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model inquiry training dengan nilai sebesar 77,58 melewati KKM (68%). (2) Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model konvensional dengan nilai sebesar 72,06 tidak melewati KKM. (3) Hasil perhitungan uji t menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 073
Keywords: Kemampuan Komunikasi; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kartu Domino; Draft Pocket Book; Berbasis PMR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Feb 2019 14:23
Last Modified: 25 Feb 2019 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32188

Actions (login required)

View Item
View Item