SIREGAR, ADETYA FARAMITA (2018) PERBANDIGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KISARAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143311001 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4143311001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
3. NIM. 4143311001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 4143311001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM. 4143311001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM. 4143311001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 4143311001 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 4143311001 APPENDICIES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
9. NIM. 4143311001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (882kB) | Preview
13. NIM. 4143311001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 4143311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Geogebra, dan mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa pada kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Geogebra. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran T.A 2019/2019 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA1 dan XI MIA2 sebanyak 72 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian (essay test) sebanyak 3 soal yang telah dinyatakan valid. Hasil penelitian yang diberi perlakuan berbeda, kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Geeogebra dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Geogebra, diperoleh skor rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen I sebesar 86,44 dengan simpangan baku 5,46 dan skor rata rata peningkatan kemampuan komunikasi kelas eksperimen II sebesar 82,72 dengan simpangan baku 6,25. Hasil uji-t sepihak dengan dk = 70 dan a = 0,05 diperoleh thitung 2,6762 dan ttabel 1,6683 sehingga thitung > ttabel, yaitu 2,6762 > 1,6683 maka H0 ditolak dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Geogebra di kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran pada tahun ajaran 2018/2019, dan Proses penyelesaian jawaban siswa dalam kemampuan komunikasi matematika di kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) dan kemampuan komunikasi matematika di kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan disetiap indikator komunikasi matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 210 |
Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematika, Think Talk Write, Numbered Head Together, Geogebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:30 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32112 |