NABILA, NURUL (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BINJAI T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111036 COVER.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
2. NIM 4141111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. NIM 4141111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4. NIM 4141111036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM 4141111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 4141111036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
7. NIM 4141111036 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4141111036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 4141111036 CHAPTERS I.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
13. NIM 4141111036 CHAPTERS V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM 4141111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-Mia-2 SMA Negeri 3 Binjai T.A 2018/2019 yang terdiri dari 26 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Instrumen penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa banyak siswa yang mencapai keberhasilan belajar dari tes awal tidak ada. Kemudian di siklus I diperoleh 12 siswa yang mencapai tingkat keberhasilan belajar (33,33%) dari 36 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 50,00% atau 30 siswa yang mencapai tingkat keberhasilan belajar (83,33%). Presentase rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga mengalami peningkatan sebesar 12,50% dari 70,78% (cukup baik) pada tes kemampuan kemampuan masalah I menjadi 83,82% (baik) pada tes kemampuan pemecahan masalah II. Dari hasil observasi siklus I dan siklus II diperoleh bahwa pembelajaran dalam kategori baik. Berdasrkan indikator keberhasilan penelitian maka pembelajaran ini dikatakan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan matematika siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.A 2018/019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 214 |
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 09:58 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32090 |