SIHOTANG, MARIO HENRY (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA DI KELAS IX SMP NEGERI 30 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133311045 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4133311045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. NIM 4133311045 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM 4133311045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 4133311045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM 4133311045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
7. NIM 4133311045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4133311045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4133311045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
10. NIM 4133311045 BAB 1.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
14. NIM 4133311045 BAB 5.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
15. NIM 41333311045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika, (2) mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi statistika setelah diajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah di kelas IX SMP Negeri 30 Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-7 SMP Negeri 30 Medan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan statistika di kelas IX SMP Negeri 30 Medan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil tes diagnostik diketahui hasil belajar siswa rendah dengan nilai rata-rata kelas 55,58. Setelah pemberian tindakan pada siklus I dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata 70,14 dengan 22 siswa atau 64,7% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 2,44 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 80,3 dimana jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 30 siswa atau 88,23% dari seluruh siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,21 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan statistika di kelas IX-7 SMP Negeri 30 Medan pada Tahun Ajaran 2017/2018. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 084 |
Keywords: | Hasil Belajar ; Model Pembelajaran Berbasis Masalah ; Statistika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 09:08 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32059 |