ASWARI, SUCI NINDI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPS NUR HASANAH MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143311042 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 4143311042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM. 4143311042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 4143311042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
5. NIM. 4143311042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM. 4143311042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 4143311042 TABLE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 4143311042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
9. NIM. 4143311042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
14. NIM. 4143311042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 4143311042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang merupakan salah satu kemampuan esensial yang harus dikuasai siswa dalam mempelajari matematika dan kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan pokok tentang bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas VIII SMPS Nur Hasanah Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di dalam kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPS Nur Hasanah Medan yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sisem Koordinat yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di kelas VIII SMPS Nur Hasanah Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana pada akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, diperoleh bahwa dari 20 siswa terdapat 10 siswa (50%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 10 siswa lainnya (50%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 66,67. Pada siklus II terdapat 18 siswa (90%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 2 siswa (10%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 75,42. Tingkat kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kategori sedang, sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan menerapkan model Numbered Heads Togethr (NHT) telah berhasil. Rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I yang awalnya sebesar 71,88 menjadi 84,38 pada siklus II. Selain itu, nilai rata-rata aktivitas siswa pada saat mengikuti pelajaran juga mengalami peningkatan dari 59,38 pada siklus I menjadi 76,56 pada siklus II yang dikategorikan aktif. Berdasarkan uraian-uraian tersebut tersebut disimpukan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT pada materi Sistem Koordinat di kelas VIII SMPS Nur Hasanah Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 005 |
Keywords: | Komunikasi matematis; model pembelajaran; numbered heads together; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 13:48 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31971 |