nasution, Khairun Nisak (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELAYU DELI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166171019 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 8166171019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (842kB) | Preview
3. NIM 8166171019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
4. NIM 8166171019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM 8166171019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. NIM 8166171019 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 8166171019 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM 8166171019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166171019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM 8166171019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis konteks budaya Melayu Deli yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa dan (2) menganalisis apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi, Kab. Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang diajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis konteks budaya Melayu Deli dan siswa kelas VIII-C yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA Dua Jalur menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis konteks budaya Melayu Deli yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa, dan (2) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 1 Nas p |
Keywords: | Pembelajaran penemuan terbimbing berbasis konteks budaya Melayu Deli, kemampuan berpikir kritis matematis, dan kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 09:58 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31723 |