Endriani, Nova (2018) PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN TEKS CERPEN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI BAHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH SISWA KELAS IX SMP TUNAS PELITA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192021 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 8156192021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM 8156192021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM 8156192021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM 8156192021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM 8156192021 TABLES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 8156192021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 8156192021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 8156192021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
13. NIM 8156192021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 8156192021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyusunan bahan bacaan teks
cerpen berbasis pendidikan karakter sebagai bahan gerakan literasi sekolah, (2)
kelayakan bahan bacaan teks cerpen berbasis pendidikan karakter sebagai bahan
gerakan literasi sekolah, (3) keefektifan bahan bacaan teks cerpen berbasis
pendidikan karakter sebagai bahan gerakan literasi sekolah pada siswa kelas IX
SMP Tunas Pelita Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli
materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMP Tunas Pelita Binjai. Data
tentang kualitas produk ini dikumpulkan melalui angket dan tes menulis teks
cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validasi materi meliputi
kelayakan isi dengan rata-rata 91,25% pada kriteria sangat baik, kelayakan
penyajian dengan rata-rata 84,61% pada kriteria sangat baik, kelayakan bahasa
dengan rata-rata 84,09% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan
rata-rata 92,54% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata
85,83% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata
90,28% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji coba lapangan terbatas dengan ratarata
92,34% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan bahan bacaan menunjukkan
persentasi posttest sebesar 80% lebih tinggi dibandingkan dengan persentasi pretest
sebesar 69,37%. Dengan demikian, bahan bacaan teks cerpen berbasis pendidikan
karakter sebagai bahan gerakan literasi sekolah yang telah dikembangkan layak dan
efektif untuk digunakan sebagai bahan bacaan dalam gerakan literasi sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 812 End p |
Keywords: | pengembangan, cerpen, karakter, literasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 09:21 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31674 |