Panjaitan, Aspatita (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341006 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 4143341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. NIM 4143341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM 4143341006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM 4143341006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM 4143341006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4143341006 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4143341006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM 4143341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4143341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD (Student Team Achievement Division) pada materi sistem endokrin manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 7 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 72 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas XI MIA 1 (kelas Jigsaw) sebanyak 36 orang, dan kelas XI MIA 2 (kelas STAD) sebanyak 36 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai rata-rata hasil belajar kelas Jigsaw sebesar 84,848 dengan SD sebesar 9,066 dan hasil belajar siswa kelas STAD sebesar 79,88 dengan SD sebesar 8,96. Sementara untuk data aktivitas siswa kelas Jigsaw dengan rata-rata 83,58 dengan SD sebesar 5,116, sedangkan kelas STAD memiliki rata-rata sebesar 79,13 dengan SD sebesar 5,84. Analisis data terdiri atas uji normalitas menggunakan Uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan Uji F, dan uji hipotesis menggunakan uji T. Pada uji normalitas didapatkan Ltabel 0,1476 dan semua data hasil belajar kelas Jigsaw dan kelas STAD serta data aktivitas belajar siswa kelas Jigsaw dan kelas STAD dinyatakan normal karena memiliki nilai yang kurang dari Ltab=0,1476. Pada uji homogenitas didapatkan Fhitung 1,77, semua data hasil dan aktivitas belajar siswa di kelas Jigsaw dan kelas STAD dinyatakan homogen karena memiliki nilai lebih dari Fhitung yaitu 1,77.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 241 |
Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, AKTIVITAS BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJAR JIGSAW, MODEL PEMBELAJARAN STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 Dec 2018 11:01 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 05:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31455 |