LUBIS, ULFA ANNISA (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DI SMPS NUR HASANAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143311048 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4143311048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
3. NIM. 4143311048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 4143311048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 4143311048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 4143311048 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 4143311048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 4143311048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
13. NIM. 4143311048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM. 4143311048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPS Nur Hasanah Medan yang berjumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilihat dari hasil tes siswa yang meningkat baik tiap indikator maupun ketuntasan belajar klasikal. Pada siklus I persentase kemampuan siswa dalam memahami masalah mencapai 68,05% dengan kategori “sedang”, persentase kemampuan siswa merencanakan pemecahan masalah mencapai 59,77% dengan kategori “rendah”, persentase kemampuan siswa menyelesaikan masalah mencapai 69,90% dengan kategori “sedang”, persentase kemampuan siswa dalam memeriksa/mengecek kembali mencapai 60,92% dengan kategori “rendah”. Serta ketuntasan belajar klasikal mencapai 58,62% (≤ 85%). Sedangkan pada siklus II persentase kemampuan siswa dalam memahami masalah mencapai 90,11% dengan kategori “sangat tinggi”, persentase kemampuan siswa merencanakan pemecahan masalah siswa mencapai 74,25% dengan kategori “sedang”, persentase kemampuan siswa menyelesaikan masalah mencapai 73,62% dengan kategori “sedang”, persentase kemampuan siswa dalam memeriksa/mengecek kembali mencapai 71,26% dengan kategori “sedang”. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,21% (
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 201 |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 09:55 |
Last Modified: | 03 Dec 2018 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31331 |