Siregar, Nurkhairunnisa (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP N 7 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8166181020. COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. 8166181020. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
3. 8166181020. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. 8166181020. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. 8166181020. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. 8166181020. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 8166181020. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. 8166181020. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. 8166181020. BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8166181020. BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. 8166181020. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning
terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Selain itu
penelitian ini juga untuk melihat interaksi antara pembelajaran dengan gender
terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari
seluruh siswa di SMP N 7 Padangsidimpuan yang berjumlah 423 siswa. Sampel
penelitian sebanyak 46 siswa yaitu 23 siswa pada kelas VIII-3 dan 23 siswa pada
kelas VIII-6. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur menggunakan SPSS
versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model
Problem-Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh model
Problem-Based Learning terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran
dengan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai
signifikansi sebesar 0,631 > 0,05. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran
dengan gender terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar
0,618 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 2 Sir p |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar, Gender, Problem-Based Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 07:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31286 |