PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP N 7 PADANGSIDIMPUAN

Siregar, Nurkhairunnisa (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP N 7 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8166181020. COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8166181020. COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8166181020. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 8166181020. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8166181020. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 8166181020. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8166181020. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 8166181020. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8166181020. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 8166181020. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8166181020. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 8166181020. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8166181020. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 8166181020. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8166181020. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 8166181020. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8166181020. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 8166181020. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. 8166181020. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 8166181020. BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8166181020. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 8166181020. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning
terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Selain itu
penelitian ini juga untuk melihat interaksi antara pembelajaran dengan gender
terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari
seluruh siswa di SMP N 7 Padangsidimpuan yang berjumlah 423 siswa. Sampel
penelitian sebanyak 46 siswa yaitu 23 siswa pada kelas VIII-3 dan 23 siswa pada
kelas VIII-6. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur menggunakan SPSS
versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model
Problem-Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh model
Problem-Based Learning terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran
dengan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai
signifikansi sebesar 0,631 > 0,05. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran
dengan gender terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar
0,618 > 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.071 2 Sir p
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar, Gender, Problem-Based Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:43
Last Modified: 16 Nov 2018 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31286

Actions (login required)

View Item
View Item