Juprizal (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP HARAPAN 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172019 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 8156172019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (890kB) | Preview
3. NIM 8156172019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM 8156172019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM 8156172019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM 8156172019 TABLES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. NIM 8156172019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM 8156172019 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
12. NIM 8156172019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. NIM 8156172019 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan penalaran berfikir kritis dan komunikasi matematis siswa SMP Harapan 2 Medan, (2) Peningkatan kemampuan berfikir kritis matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik, (3) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. dengan menggunakan model pengembangan 4-D, Bahan ajar yang dikembangkan ( Buku Guru, Buku Siswa, LKS) Uji coba I dilakukan pada siswa kelas IX A SMP Harapan 2 Medan dan uji coba II pada siswa kelas IX B SMP Harapan 2 Medan, kemudian tahap penyebaran pada kelas IX C SMP Harapan 2 Medan.
Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) waktu pembelajaran; d) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif (2) peningkatan kemampuan berfikir kritis matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post tes meningkat sebesar 30% dengan N-gain=0,43 kategori sedang ; 3) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post tes meningkat sebesar 39% dengan N-gain=0,49 kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Jup p |
Keywords: | Buku Guru, Buku Siswa, LKS, Model Pembalajaran, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 03:28 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30902 |