PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN TRIARKIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP SUTOMO 1 MEDAN

Simanullang, Michael Christian (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN TRIARKIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP SUTOMO 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172024 Cover Thesis.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172024 Cover Thesis.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172024 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172024 Abstrak Tesis.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172024 Abstrak Tesis.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172024 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172024 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172024 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172024 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172024 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172024 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172024 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172024 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172024 Daftar Diagram.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172024 Daftar Diagram.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156172024 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156172024 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8156172024 Bab I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 8156172024 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156172024 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156172024 BAB V.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 8156172024 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 8156172024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Plomp dengan mempertimbangkan kriteria kualitas produk Nieveen. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII 7, VII 9 dan VII 12 SMP Sutomo 1 Medan T.A. 2016/2017. Produk dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah model pembelajaran PMR yang valid, praktis dan efektif yang dapat meningkatkan kecerdasan triarkis dan kemandirian belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi; (2) lembar penilaian ahli dan praktisi tentang keterlaksanaan dan keefektifan model; (3) lembar observasi; (4) angket respons siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran; (5) tes kecerdasan triarkis; (6) angket kemandirian belajar siswa; dan (7) angket dampak pengiring model pembelajaran PMR. Hasil dari proses pengembangan model pembelajaran PMR ini adalah (1) model pembelajaran PMR beserta perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori valid; (2) kriteria kepraktisan model pembelajaran PMR menggunakan perangkat pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas termasuk dalam kategori tinggi; dan (3) kriteria keefektifan model pembelajaran PMR berdasarkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu: (i) persentase banyak siswa yang mencapai tingkat penguasaan sedang, tinggi dan sangat tinggi adalah sebesar 97,83% dan (ii) kriteria pencapaian kemandirian belajar siswa secara klasikal berada pada kategori baik; (b) kriteria pencapaian penggunaan waktu pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi; (c) kriteria pencapaian kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik; dan (d) banyak siswa yang memberikan respon positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran telah tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.8 Sim p
Keywords: penelitian pengembangan, model pembelajaran, PMR, kecerdasan triarkis, kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:48
Last Modified: 03 Jul 2018 06:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30698

Actions (login required)

View Item
View Item