Rahmadhani, Fitria (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SELF-DIRECTED LEARNING MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 30 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8156171045. COVER.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
2. 8156171045. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
3. 8156171045. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. 8156171045. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. 8156171045. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. 8156171045. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. 8156171045. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8. 8156171045. BAB I.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
12. 8156171045. BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. 8156171045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1) memperoleh bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran inkuiri yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan metakognisi siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis model pembelajaran inkuiri; 3) mendeskripsikan peningkatan Self-Directed Learning siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi.Dari hasil penelitian ini d peroleh bahwa: 1) bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri yang dikembangkan valid. Bahan ajar berbasis model inkuri yang di kembangkan praktis ditinjau dari: a) kevalidan bahan ajar oleh para ahli yang menyatakan bahan ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi dan b) keterlaksanaan bahan ajar yang digunakan di kelas termasuk dalam kategori tinggi. Bahan ajar berbasis model inkuri yang di kembangkan efektif ditinjau dari: a) aktivitas siswa telah memenuhi batas toleransi yang telah ditetapkan; b) respon siswa terhadap bahan ajar positif dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada uji coba I sebesar 82,50; pada uji coba II sebesar 89,83%; dan pada tahap penyebaran sebesar 90,72%; c) pencapaian tes kemampuan metakognisi tuntas secara secara klasikal mencapai 75% siswa mendapatkan nilai minimal B-. 2) Peningkatan kemampuan metakognisi siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri dilihat pada tahap penyebaran yaitu dari nilai pretest dan posttest. Berdasarkan data yang didapat dari tahap penyebaran diperoleh hasil peningkatakan kemampuan metakognisi siswa dengan menggunakan rumus N-Gain sebesar 0,33 dengan kategori “sedang”. 3) Peningkatan Self-Directed Learningsiswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri dilihat pada tahap penyebaran yaitu dari nilai pretest dan posttest. Berdasarkan data yang didapat dari tahap penyebaran diperoleh hasil peningkatakan Self-Directed Learningsiswa dengan menggunakan rumus N-Gain sebesar 0,38 dengan kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Ram p |
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Model pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Metakognisi,Self-Directed Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 04:12 |
Last Modified: | 02 Jul 2018 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30678 |