Ulya, Syastri (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.
1.8136172084 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. 8136172084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
3. 8136172084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. 8136172084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. 8136172084 TABLE OF CONTEEN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. 8136172084 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. 8136172084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 8136172084 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (761kB) | Preview
12. 8136172084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13. 8136172084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Disposisi matematis siswa (3) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap pemecahan masalah matematis siswa(4) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap disposisi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Model Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket disposisi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,87 dan 0,89 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji statistik uji-t dan uji anava 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung,(2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Uly p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,Disposisi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 03:27 |
Last Modified: | 02 Jul 2018 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30675 |