Adawiyah, Rabiyatul (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR TINGKAT TINGGI BIOLOGI SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156174016 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 8156174016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
3. NIM. 8156174016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 8156174016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 8156174016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 8156174016 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8156174016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8156174016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8156174016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13. NIM. 8156174016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM. 8156174016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran guided discovery dan group investgation terhadap: (1) keterampilan proses sains; (2) hasil belajar tingkat tinggi siswa; (3) korelasi antara keterampilan proses sains dan hasil belajar tingkat tinggi siswa pada pembelajaran guided discovery, group investgation, dan konvensional di kelas X SMA Negeri 1 Kutacane. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara purposive sampling. Kelas X-2 dibelajarkan dengan strategi pembelajaran guided discovery, kelas X-4 dibelajarkan dengan strategi group investgation, dan kelas X-3 (kontrol) dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes keterampilan proses sains dan hasil belajar tingkat tinggi dengan menggunakan tes essay. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (Anacova) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22,0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa (F= 141,522; P = 0,000). Hasil keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran guided discovery (84,49 ± 5,928) lebih signifikan dibandingkan dengan strategi pembelajaran group investigation (78,76 ± 5,761) maupun konvensional (62,08 ± 4,452); (2) Ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar tingkat tinggi siswa (F= 117,869; P = 0,000). Hasil belajar tingkat tinggi siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran guided discovery (81, 76 ± 4,482) lebih signifikan dibandingkan dengan strategi pembelajaran group investigation (71,31 ± 5,471) maupun konvensional (64,31 ± 4,614); (3) Terdapat korelasi antara keterampilan proses sains dan hasil belajar tingkat tinggi siswa pada pembelajaran guided discovery,group investigation dan konvensional r = 0,850 dan (r2) 0,723. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan strategi pembelajaran guided discovery pada materi ekosistem dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Ada p |
Keywords: | Pembelajaran guided discovery, group investigation, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Tingkat Tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 03:19 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30639 |