SANTOSO, FATWA PUTRI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 056634 AIR TAWAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111032_COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 1141111032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM. 1141111032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1141111032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 1141111032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM. 1141111032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1141111032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1141111032_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141111032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1141111032_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
15. NIM. 1141111032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM. 1141111032_BAB V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berdasarkan masalah guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga perlu dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai respon rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran IPS pada materi pokok Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada pelajaran IPS materi pokok Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 056634 Air Tawar tahun Ajaran 2017/2018. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 056634 Air Tawar Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan
12 orang siswi perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali post-test. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah post-test pada akhir siklus, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan sangat rendah yaitu 4 siswa tuntas dan 25 siswa belum tuntas dengan persentase hasil belajar klasikal adalah 13,79% pada pre-test, Post-test Siklus I dikategorikan sedang yaitu 13 siswa tuntas dan 16 siswa belum tuntas dengan persentase 44,82% sedangkan pada post-test siklus II dikategori sangat tinggi yaitu 25 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas dengan persentase 86,21% . Rata-rata hasil observasi siswa aspek afektif dan psikomotor pada siklus I sebesar 41,38% dengan kategori tidak partisipatif dan pada siklus II sebesar 86,01% dengan kategori sangat partispatif. Rata-rata hasil obsevasi guru siklus I sebesar 79.45% dengan kategori partisipatif dan pada siklus II rata-rata hasil observasi guru sebesar 92% dengan kategori sangat partisipatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 151 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 11:49 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30561 |