PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

RIZKIA, NOVIZA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 8166141011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166141011 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166141011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (981kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166141011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166141011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166141011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166141011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.8166141011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.8166141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166141011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166141011 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166141011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166141011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166141011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166141011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166141011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166141011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8166141011 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 8166141011 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (812kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 8166141011 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 8166141011 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8166141011 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8166141011 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166141011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166141011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166141011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 8166141011 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 8166141011 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL yang dikembangkan pada materi hidrolisis garam telah sesuai dengan standar BSNP; 2) penggunaan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah telah sesuai dengan standar BSNP; 3) perbedaan penggunaan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar siswa; 4) perbedaan hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; dan 5) interaksi antara penggunaan kedua media yang diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Darul Falah Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah dua kelas di SMAN 1 Darul Falah masing-masing sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian berupa angket modifikasi dari BSNP, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, gabungan angket dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji General Linear Model (GLM) pada program SPSS 17.00. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak; 2) tingkat kelayakan media pembelajaran powerpoint yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah memiliki kategori layak; 3) erdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 4) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 5) terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan kedua media yang diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: media pembelajaran prezi, model problem based learning (PBL), aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar, hidrolisis garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 May 2018 11:07
Last Modified: 19 Jan 2023 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30500

Actions (login required)

View Item
View Item