Nasution, Futry Kesuma Wardani (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KREATIVITAS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172055 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM 8156172055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
3. NIM 8156172055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. NIM 8156172055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM 8156172055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM 8156172055 TABLES.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7. NIM 8156172055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM 8156172055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8156172055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM 8156172055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Produk pengembangan perangkat
pembelajaran yang valid dan efektif berbasis Contextual Teaching And Learning
(CTL) untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan kreativitas matematis
siswa, 2) Peningkatan kemampuan metakognisi siswa dengan menggunakan
perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL), dan
3) Peningkatan kemampuan kreativitas matematis siswa dengan menggunakan
perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL).
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan modifikasi model 4-D
oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel melalui tahap define, design, develop dan
disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan kelas VII-2
SMPN 1 Padangsidimpuan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1)
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid
dengan nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,49, buku siswa sebesar 4,52,
LAS sebesar 4,50 dan butir soal tes kemampuan metakognisi dan kreativitas
matematis juga telah berada pada kategori valid. Perangkat pembelajaran berbasis
Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan juga telah
memenuhi kriteria efektif, ditinjau dari: a) Ketercapaian tingkat penguasaan siswa
terhadap kemampuan metakognisi dan kreativitas matematis yaitu, siswa telah
mencapai ketuntasan klasikal 90,91% untuk kemampuan metakognisi matematis
dan 86,36% untuk kemampuan kreativitas matematis, b) Aktivitas aktif siswa
selama kegiatan belajar memenuhi kriteria toleransi waktu ideal yang ditetapkan,
c) Respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan
kegiatan pembelajaran positif. (2) Perangkat pembelajaran berbasis Contextual
Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan metakognisi
siswa ditinjau setiap indikator metakognisi dan rata-rata hasil post-test
kemampuan metakognisi pada uji coba I dan uji coba II, dan (3) Perangkat
pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat
meningkatkan kemampuan kreativitas matematis siswa ditinjau setiap indikator
kreativitas dan rata-rata hasil post-test kemampuan kreativitas matematis siswa
pada uji coba I dan uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nas p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning , Model Pengembangan 4-D, Kemampuan Metakognisi,Kemampuan Kreativitas Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 May 2018 01:27 |
Last Modified: | 18 May 2018 01:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30359 |