Simanjutak, Maju (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN MINAT SISWA DENGAN HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA SISWA KELAS XI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133311017 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 5133311017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
3. NIM. 5133311017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM. 5133311017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 5133311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 5133311017 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5133311017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5133311017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5133311017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
13. NIM. 5133311017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 5133311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Autocad Pada Siswa Kelas XI Bidang Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah responden 32 orang.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan (X1) 22 valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,842. (2) variabel Minat belajar (X2) 23 valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,800. (3) variabel hasil belajar Autocad (Y) 15 soal yang valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,925 pada taraf signifikansi 5%.
Uji normalitas dengan chi kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat
hasil sebagai berikut : (1) variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan
(X1) yaitu r hitung = 7,220 < rtabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (2) Minat belajar (X2) yaitu rhitung = 9,0407 < rtabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajar Autocad (Y)
Yaitu rhitung = 4,0703 < r tabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signfikansi 5%.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan dikategorikan cenderung cukup dan mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan hasil belajar Autocad. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan hasil nilai rhitung > rtabel yaitu 0,3520 > 0,349 pada taraf signifikansi 5 %. (2) minat belajar dikategorikan cenderung cukup dan mempunyai hubungan positif dan berarti dengan hasil belajar Autocad. Hal ini dapat dibuktikan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan nilai nilai rhitung > rtabel yaitu 0,3643 > 0,349 pada taraf signifikansi 5 %. (3). Terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan dan minat belajar dengan hasil belajar Autocad pada siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan hasil nilai rhitungx1x2 > rtabel yaitu 0,4416 > 0,349 dengan nilai F = 0,3530 > 0,33 pada taraf signifikansi 5 %
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 026 |
Keywords: | keterampilan menjelaskan;minat belajar dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 15 May 2018 15:35 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30347 |