HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN MINAT SISWA DENGAN HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA SISWA KELAS XI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Simanjutak, Maju (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN MINAT SISWA DENGAN HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA SISWA KELAS XI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133311017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5133311017 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5133311017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5133311017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5133311017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5133311017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5133311017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5133311017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5133311017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5133311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5133311017 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5133311017 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5133311017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5133311017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5133311017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5133311017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5133311017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5133311017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5133311017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5133311017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5133311017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5133311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Autocad Pada Siswa Kelas XI Bidang Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah responden 32 orang.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan (X1) 22 valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,842. (2) variabel Minat belajar (X2) 23 valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,800. (3) variabel hasil belajar Autocad (Y) 15 soal yang valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,925 pada taraf signifikansi 5%.
Uji normalitas dengan chi kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat
hasil sebagai berikut : (1) variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan
(X1) yaitu r hitung = 7,220 < rtabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (2) Minat belajar (X2) yaitu rhitung = 9,0407 < rtabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajar Autocad (Y)
Yaitu rhitung = 4,0703 < r tabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signfikansi 5%.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan dikategorikan cenderung cukup dan mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan hasil belajar Autocad. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan hasil nilai rhitung > rtabel yaitu 0,3520 > 0,349 pada taraf signifikansi 5 %. (2) minat belajar dikategorikan cenderung cukup dan mempunyai hubungan positif dan berarti dengan hasil belajar Autocad. Hal ini dapat dibuktikan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan nilai nilai rhitung > rtabel yaitu 0,3643 > 0,349 pada taraf signifikansi 5 %. (3). Terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan dan minat belajar dengan hasil belajar Autocad pada siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan hasil nilai rhitungx1x2 > rtabel yaitu 0,4416 > 0,349 dengan nilai F = 0,3530 > 0,33 pada taraf signifikansi 5 %

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BAN 026
Keywords: keterampilan menjelaskan;minat belajar dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 15 May 2018 15:35
Last Modified: 27 Dec 2018 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30347

Actions (login required)

View Item
View Item