Hasibuan, Isra Suna (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN INQUIRI DI SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156172017 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2 NIM. 8156172017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 NIM. 8156172017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4 NIM. 8156172017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
5 NIM. 8156172017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
6 NIM. 8156172017 TABLES.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
7 NIM. 8156172017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
8 NIM. 8156172017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12 NIM. 8156172017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13 NIM. 8156172017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan
komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis
masalah, pendidikan matematika realistik, dan pembelajaran inquiri, (2) Aktivitas
siswa dalam pembelajaran berbasis masalah, pendidikan matematika realistik, dan
pembelajaran inquiri pada kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (3)
Proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah
pada pembelajaran berbasis masalah, pendidikan matematika realistik, dan
pembelajaran inquiri. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Dan
sampel penelitian ini adalah kelas VII-1, VII-2 dan VII-3. Analisis data dilakukan
dengan analisis varian (ANAVA) Satu Arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang
diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah, pendidikan matematika
realistik, dan pembelajaran inquiri. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA satu arah
untuk lebih besar dari . (2) Aktivitas siswa pada
pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibandingkan dengan aktivitas siswa
pada pendidikan matematika realistik, dan pembelajaran inquiri, (3) Proses
penyelesaian jawaban siswa kemampuan komunikasi matematis yang diberi
pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pendidikan
matematika realistik, dan pembelajaran inquiri
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 1 Has p |
Keywords: | PBM, Pendidikan Matematika Realistik, Pembelajaran Inquiri,Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2018 02:48 |
Last Modified: | 12 May 2018 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30335 |