Harahap, Rudiyansyah (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI KELAS VII SMP SWASTA PELITA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172071 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 8156172071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (882kB) | Preview
3. NIM. 8156172071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8156172071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
5. NIM. 8156172071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 8156172071 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 8156172071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156172071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (892kB) | Preview
12. NIM. 8156172071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 8156172071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan penalaran
matematis siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran
inkuiri, (2) perbedaan kemampuan kecerdasan emosional siswa antara model
pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri, (3) interaksi antara model
pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah)
siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (4) interaksi antara model
pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah)
siswa terhadap kemampuan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas
VII SMP Swasta Pelita Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 dan VII-2.
Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara model
pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari
hasil ANAVA dengan Fhitung = 4,975 lebih besar dari Ftabel = 3,980. (2) Terdapat
perbedaan kemampuan kecerdasan emosional siswa antara model pembelajaran berbasis
masalah dengan pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan
Fhitung = 21,127 lebih besar dari Ftabel = 3,980. (3) Tidak terdapat interaksi antara
model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan
rendah) siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari
hasil ANAVA dengan Fhitung = 1,184 lebih kecil dari Ftabel = 3,130. (4) tidak terdapat
interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi,
sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan kecerdasan emosional siswa. Hal ini
dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 1,067 lebih kecil dari Ftabel = 3,130.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Har p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Inkuiri, Penalaran Matematis, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 May 2018 08:35 |
Last Modified: | 09 May 2018 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30326 |