Arba’atun (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU FIQIH MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI SUPERVISI KLINIS DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA KECAMATAN BATANG KUIS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156131002 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 8156131002 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 8156131002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM. 8156131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8156131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 8156131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8156131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8156131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8156131002 BAB I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
13. NIM. 8156131002 BAB V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
14. NIM. 8156131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan guru Fiqih dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah melalui supervisi klinis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kecamatan Batang Kuis. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah, yang diadakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kecamatan Batang Kuis meliputi MTs.S Bustanul Ulum, MTs.S Darul Ilmi, MTs.S YPI, MTs.S Umar Bin Khattab dan MTs.S YP Raudhatul Akmal dengan 5 guru Fiqih sebagai subjek penelitian. Objek penelitian adalah penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru Fiqih dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan: Pada siklus pertama pelaksanaan supervisi klinis, nilai rata-rata kemampuan guru Fiqih untuk merencanakan pembelajaran adalah 78,00 dengan kategori cukup, menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam proses belajar adalah 66,00 dengan kategori cukup, Dan mengevaluasi pembelajaran adalah 70,00 dengan kategori cukup; Siklus kedua, nilai rata-rata kemampuan guru Fiqih untuk merencanakan pembelajaran adalah 92,00 dengan kategori sangat baik, menerapkan model pembelajaran berbasis masalah adalah 87,00 dengan kategori baik,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Arb m |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Supervisi Klinis,kemampuan guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 09:31 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29855 |