Piliang, Arif Fadilah (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALAUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KLEAS VII SMP NEGERI 1 BATANGKUIS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123111013 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 6123111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
3. NIM 6123111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM 6123111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 6123111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
6. NIM 6123111013 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 6123111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM 6123111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 6123111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM 6123111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 6123111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VII-A yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses lari sprint. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I dan II yang berbentuk teknik lari sprint. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 25 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 69,44% dengan nilai rata-rata 69,21 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 11 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 30,56%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata 80,32 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 11,11%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 057 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29740 |