Silitonga, Heldiana (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DIINTEGRASIKAN BUDI PEKERTI DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IV SD KALAM KUDUS-2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156121016 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 8156121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
3. NIM. 8156121016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 8156121016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM. 8156121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 8156121016 TABLES.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM. 8156121016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 8156121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 8156121016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
13. NIM. 8156121016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
14. NIM. 8156121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi
pembelajaran yang diintegrasikan budi pekerti terhadap hasil belajar IPS siswa;
(2) Hasil belajar siswa IPS yang memiliki interaksi sosial kooperatif dan interaksi
sosial yang kompetitif; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran yang
diintegrasikan budi pekerti dan interaksi sosial yang mempengaruhi hasil belajar
IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan total
populasi 101 siswa kelas IV SD Kalam Kudus-2 Medan pada semester II tahun
ajaran 2016/2017 dan sebanyak 69 siswa diambil menjadi sampel adalah
kelas IVA dengan jumlah 35 siswa dan kelas IVB dengan jumlah 34 siswa yang
ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Statistik yang digunakan
dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik
inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Uji persyaratan analisis data
dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas. Normalitas data diuji dengan
Lilifors dan homogenitas data diuji dengan Fisher and Barlett, selanjutnya
dilakukan uji ANAVA dua jalur. Pengujian uji lanjutan dengan uji Scheffe.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (i) Hasil belajar siswa dengan
menggunakan Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang
menerima pelajaran Quantum Teaching yang terintegrasi dengan budi pekerti;
(ii) Interaksi sosial kooperatif lebih besar daripada interaksi sosial yang kompetitif
dan (iii) ada interaksi antara strategi pembelajaran yang terintegrasi dengan budi
pekerti dan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.4 Hel p |
Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Pendidikan Budi Perkerti, Strategi Pembelajarn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Apr 2018 02:13 |
Last Modified: | 07 Apr 2018 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29585 |