LUBIS, DERLINA (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR KERAJINAN KERAMIK SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2133151008 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 2133151008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
3. NIM. 2133151008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. NIM. 2133151008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 2133151008 TABLE OF CO NTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 2133151008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM. 2133151008 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 2133151008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 2133151008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
10. NIM. 2133151008 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 2133151008 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (812kB) | Preview
12. NIM. 2133151008 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 2133151008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM. 2133151008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. NIM. 2133151008 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran prakarya, khususnya pada materi pelajaran kerajinan keramik dan bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar kerajinan keramik siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan T.A. 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sampel 40 karya kerajinan keramik siswa kelas VII yang diambil menggunakn teknik probability sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes membuat karya kerajinan keramik. Teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 67,3 dan 58,2 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 79,3 dan 63,4. Hasil uji beda rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan posttest kelas kontol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikan dan dk 18 didapat Jadi hasil hipotesis diperoleh > Jadi dapat disimpulkan Ha diterima sekaligus tolak Ho sehingga ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar kerajinan keramik siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 RUPA 010 |
Keywords: | PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 15:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29581 |