SARI, MUPIDA (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111052_COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
3. NIM. 1141111052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
2. NIM. 1141111052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
4. NIM. 1141111052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1141111052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM. 1141111052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 1141111052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1141111052_BAB I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
13. NIM. 1141111052_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1141111052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memproleh data gambaran dan hasil belajar
tentang penerapan pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT)
dapat mengefektifkan hasil belajar IPS kelas IV, memproleh hasil belajar kelas
kontrol dan kelas eksperimen mengenai efektivitas belajar siswa dengan
menerapkan pendekatan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam
pelajaran IPS kelas IV serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa
kelas IV SD pokok bahasan Pahlawan dan Sikap Kepatriotisme Pahlawan antara
yang menggunakan model kooperatif tipe TGT dan yang menggunakan
pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian berupa eksperimen dengan desainnya berupa eksperimen
Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa kelas IV
yang ada di SD Negeri 101801 yang berjumlah 57 siswa. Sampel terdiri dari 2
kelas, kelas IV-A berjumlah 28 siswa dan kelas IV-B berjumlah 29 siswa. Teknik
instrument tes melalui tes dan observasi. Uji instrument tes menggunakan uji
validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus
alpha. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus uji liliefors, uji
homogenitas dengan rumus uji F, dan uji hipotesis dengan rumus uji-t.
Uji instrument tes sebanyak 20 soal valid. Pada uji reabilitas, reabilitas tes
tergolong tinggi 0.8052. Analisis data tes akhir diperoleh hasil rata-rata dari kelas
eksperimen 77.28 (baik) dengan standar deviasi 11.01 sedangkan kelas kontrol
diperoleh 55.37 (kurang) dengan standar deviasi 13.17. Pada uji normalitas di
kelas eksperimen nilai Lhitung (0.017) < nilai Ltabel (0.173) sedangkan kelas kontrol
diperoleh nilai Lhitung (0.035) < nilai Ltabel (0.173) dimana kedua kelas
berdistribusi normal. Pada uji homogenitas nilai Fhitung = 1.83 < 2.04 (homogen).
Uji hipotesis didapat thitung (6.930) > ttabel (1.673) dengan taraf signifikan α=0,05.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif tipe
teams games tournaments bepengaruh dan efektif secara signifikan terhadap
peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Tahun
Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 018 |
Keywords: | KOOPERATIF, TGT, HASIL BELAJAR, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 15:12 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29579 |