Arini, Lilis (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANVISUAL THINKING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BUKIT BENER MERIAH. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN SURAT PLAGIAT..pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kualitas perangkat
pembelajaran (Validitas, kepraktisan dan keefektivan) perangkat pembelajaran
berorientasi pendidikan matematika realistik yang dikembangkan; (2) Peningkatan
kemampuan visual thinking siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran
berorientasi pendidikan matematika realistik yang telah dikembangkan; dan (3)
Peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berorientasi pendidikan matematika realistik yang telah
dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
dengan menggunakan modifikasi model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian
ini adalah define, design, develop dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IX-2 dan IX-3 di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Dari hasil
uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) Validitas perangkat pembelajaran menurut
tim ahli adalah valid, Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditinjau
dari: a) validator menyatakan perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan
revisi kecil; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah
telah dapat dikatakan baik, dan keefektifan perangkat pembelajaran telah
memenuhi kriteria efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal;
b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; dan c) respon
siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan
pembelajaran positif; (2) terdapat peningkatan kemampuan visual thinking siswa
dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan
matematika realistik; dan (3) terdapat peningkatan kemandirian belajar
matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi
pendidikan matematika realistik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ari p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik, Model pengembangan 4-D, Visual Thinking, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Apr 2018 07:38 |
Last Modified: | 02 Apr 2018 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29556 |