Pulungan, Putri Suaidah (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DENGAN DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156171059 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. NIM 8156171059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
3. NIM 8156171059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM 8156171059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM. 8156171059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM. 8156171059 TABLE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM. 8156171059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM. 8156171059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8156171059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 8156171059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas bahan ajar berbasis
pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter untuk meningkatkan
kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional siswa MAN 1
Medan, (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan
menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain
pendidikan karakter, (3) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan
menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain
pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. dengan
menggunakan model pengembangan 4-D, Bahan ajar yang dikembangkan ( Buku
Guru, Buku Siswa) Uji coba I dilakukan pada siswa kelas XI MIA 2 MAN 1
Medan dan uji coba II pada siswa kelas XI MIA 3 MAN 1 Medan, kemudian
tahap penyebaran pada kelas XI MIA 2 SMA N 1 Panyabungan . Dari hasil uji
coba I dan uji coba II diperoleh: 1) bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif
dengan desain pendidikan karakter yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a)
aktivitas siswa dalam toleransi yang telah ditetapkan, b) ketuntasan tes
kemampuan penalaran secara klasikal; (2) peningkatan kemampuan penalaran
matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan
metakognitif dengan desain pendidikan karakter dilihat berdasarkan tahap
penyebaran pada pre-tes dan post-tes sebesar 35,8% dengan
N-gain=0.718 kategori tinggi; 3) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan
menggunakan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan
desain pendidikan karakter yang dikembangkan dilihat berdasarkan tahap
penyebaran pada pre-tes dan post-tes meningkat sebesar 29,8% dengan N-gain
sebesar 0,703 kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 501.1 Pul p |
Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Pendekatan Metakognitif, kemampuan penalaran dan kecerdasan emosional. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 02:34 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29545 |