Rahayu, Suwanti (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126171036 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 8126171036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
3. NIM. 8126171036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM. 8126171036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 8126171036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 8126171036 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 8126171036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 8126171036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 8126171036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8126171036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM. 8126171036 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah kemampuan penalaran dan
disposisi matematika siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan
model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berbantuan software autograph
lebih tinggi dari siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori
berbantuan Autograph; 2) Menunjukkan ada atau tidaknya interaksi antara
kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran kooperatif think pair share
(TPS) berbantuan Software Autograph terhadap kemampuan penalaran dan
disposisi matematika siswa; dan 3) Mendeskripsikan ragam penyelesaian masalah
siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS)
berbantuan autograph dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori
berbantuan Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 22 Kiaran dan sampel
dalam penelitian adalah siswa kelas VII-1 dan VII-3 SMP Muhammadiyah 22
Kisaran. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis varians 2 jalur (ANAVA
2 Jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan
penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
think pair share berbantuan autograf lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan
pembelajaran ekspositori berbantuan autograph, dimana perolehan F hitung sebesar
119,653 dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 demikian juga disposisi matematis siswa
yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan
autograf lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori
berbantuan autograf, dimana perolehan F hitung sebesar 11,392 dengan nilai sig =
0,001 < 0,05; 2) Ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan
tingkat kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan
penalaran dan disposisi matematis siswa; 3) Pola jawaban siswa pada tes
kemampuan penalaran matematis siswa untuk kelas eksperimen lebih baik daripada
siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini maka para guru matematika
disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair
share sebagai model pembelajaran alternative dalam pembelajaran matematika
serta memanfaatkan teknologi seperti software autograph untuk menumbuhkan
antusias siswa dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.871 Rah p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif TPS, Penalaran Matematika, Disposisi Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Mar 2018 03:38 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29389 |