PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

Silaban, Adeline (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156175001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156175001 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156175001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156175001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156175001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156175001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156175001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156175001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156175001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156175001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156175001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156175001 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156175001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156175001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156175001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156175001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156175001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156175001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156175001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156175001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156175001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156175001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan KPS dan pemahaman konsep pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional, apakah peningkatan KPS dan pemahaman konsep siswa menggunakan inkuiri terbimbing lebih baik dari konvensional, apakah model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap KPS dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika serta mengetahui bagaimana hubungan antara KPS siswa dengan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk desain eksperimen pretest-posttest kontrol group design. Populasinya adalah kelas X SMK Negeri 1 Stabat dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih secara random sampling. Pengambilan data menggunakan tes instrumen keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Hasil penelitian untuk peningkatan KPS dari kedua kelas diperoleh pretes 42,13 dan 42,86, sedangkan postes 79,66 dan 55,06. Hasil penelitian untuk peningkatan pemahaman konsep dari kedua kelas diperoleh pretes 40,83 dan 33,33, sedangkan postes 79,00 dan 58,83. Hasil rata-rata peningkatan KPS menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh 0,64 dan menggunakan pembelajaran konvensional 0,25. Hasil rata-rata peningkatan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh 0,68 dan menggunakan pembelajaran konvensional 0,38. Hasil output korelasi person (r) diperoleh >0,05 yaitu 0,37.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.072 Sil p
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, KPS dan Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:58
Last Modified: 15 Feb 2018 08:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29343

Actions (login required)

View Item
View Item