Silaban, Adeline (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156175001 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 8156175001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
3. NIM 8156175001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 8156175001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM 8156175001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 8156175001 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 8156175001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8156175001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM 8156175001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. NIM 8156175001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 8156175001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan KPS dan pemahaman konsep pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional, apakah peningkatan KPS dan pemahaman konsep siswa menggunakan inkuiri terbimbing lebih baik dari konvensional, apakah model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap KPS dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika serta mengetahui bagaimana hubungan antara KPS siswa dengan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk desain eksperimen pretest-posttest kontrol group design. Populasinya adalah kelas X SMK Negeri 1 Stabat dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih secara random sampling. Pengambilan data menggunakan tes instrumen keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Hasil penelitian untuk peningkatan KPS dari kedua kelas diperoleh pretes 42,13 dan 42,86, sedangkan postes 79,66 dan 55,06. Hasil penelitian untuk peningkatan pemahaman konsep dari kedua kelas diperoleh pretes 40,83 dan 33,33, sedangkan postes 79,00 dan 58,83. Hasil rata-rata peningkatan KPS menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh 0,64 dan menggunakan pembelajaran konvensional 0,25. Hasil rata-rata peningkatan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh 0,68 dan menggunakan pembelajaran konvensional 0,38. Hasil output korelasi person (r) diperoleh >0,05 yaitu 0,37.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Sil p |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, KPS dan Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Feb 2018 08:58 |
Last Modified: | 15 Feb 2018 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29343 |