Situmorang, Yuliani kristin Elisabeth (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 2 MEDAQN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311019 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 4133311019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM. 4133311019 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM. 4133311019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 4133311019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
6. NIM. 4133311019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 4133311019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM. 4133311019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 4133311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
10. NIM. 4133311019 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 4133311019 BAB V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
15. NIM. 4133311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) (2)mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir visual siswa yang diajar dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-4 pada Uji Coba I dan siswa kelas IX-5 pada Uji Coba II SMP Negeri 2 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan berpikir visual, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,25 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria Baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,18 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik; perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal dan mengalami peningkatan yaitu pada uji coba I sebesar 60% pada uji coba II meningkat menjadi sebesar 86,6%,b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba II. Pada uji coba I ketercapaian indikator adalah sebesar 70,2% meningkat menjadi 81,6% pada uji coba II, c)Respon siswa positif dilihat dari skor rata-rata angket respon siswa 3,95 dari maksimal 5,00 pada uji coba I dan 4,0 dari 5,00 pada uji coba II. d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan uji coba II,(e) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu 88,75% pada uji coba I dan 93,25% pada uji coba II; kemampuan berpikir visual siswa mengalami peningkatan yaitu pada uji coba I sebesar 68 meningkat sebesar 11 menjadi 79.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 004 |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran; contextual teaching and learning; kemampuan berpikir visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:49 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29089 |