PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 2 MEDAQN T.A. 2017/2018

Situmorang, Yuliani kristin Elisabeth (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 2 MEDAQN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133311019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133311019 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133311019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133311019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133311019 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133311019 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133311019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133311019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133311019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133311019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133311019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133311019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133311019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133311019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133311019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133311019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4133311019 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4133311019 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133311019 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133311019 BAB V.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4133311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4133311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) (2)mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir visual siswa yang diajar dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-4 pada Uji Coba I dan siswa kelas IX-5 pada Uji Coba II SMP Negeri 2 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan berpikir visual, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,25 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria Baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,18 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik; perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal dan mengalami peningkatan yaitu pada uji coba I sebesar 60% pada uji coba II meningkat menjadi sebesar 86,6%,b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba II. Pada uji coba I ketercapaian indikator adalah sebesar 70,2% meningkat menjadi 81,6% pada uji coba II, c)Respon siswa positif dilihat dari skor rata-rata angket respon siswa 3,95 dari maksimal 5,00 pada uji coba I dan 4,0 dari 5,00 pada uji coba II. d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan uji coba II,(e) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu 88,75% pada uji coba I dan 93,25% pada uji coba II; kemampuan berpikir visual siswa mengalami peningkatan yaitu pada uji coba I sebesar 68 meningkat sebesar 11 menjadi 79.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 004
Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran; contextual teaching and learning; kemampuan berpikir visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:49
Last Modified: 22 Feb 2019 08:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29089

Actions (login required)

View Item
View Item