Nasution, Muhammad Jauharul Fuadi PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBEDAKAN RELASI RANGKAIAN LOOGIKA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAQJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. (5131131017) COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. (5131131017) APPROVAI SHEET.pdf - Published Version
Download (922kB) | Preview
3. (5131131017) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. (5131131017) PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. (5131131017) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. (5131131017) ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7. (5131131017) TABLES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. (5131131017) APENDICES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9. (5131131017) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. (5131131017) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. (5131131017) BLIBLLOGRAPY.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Sistem Komputer khususnya pada materi Membedakan Relasi Rangkaian Logika antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray adalah kelas X TKJ-1 yang berjumlah 30 siswa serta kelas X TKJ-2 menjadi kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Ekspositori yang berjumlah 30 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa. Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh hasil belajar Membedakan Relasi Rangkaian Logika antara Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Model Pembelajaran Ekspositori. Dalam penelitian ini terdapat nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 21,133 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 16,033. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen diperoleh Lhitung sebesar 0,117 dan Ltabel sebesar 0.161 karena Lhitung < Ltabel atau 0.117 < 0.161, maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrumen Membedakan Relasi Rangkaian Logika dengan Model Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,164 dan Ltabel = 0.161 karena Lhitung > Ltabel atau 0.164 > 0.161, maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Tidak Normal. Uji homogenitas instrumen hasil belajar Membedakan Relasi Rangkaian Logika diperoleh Fhitung sebesar 1,08 dan Ftabel 1,65 karena Fhitung < Ftabel atau 1,08 < 1,65 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji median yang memakai Uji-X2 dengan taraf signifikansi 0,05 dan dk = 1 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Membedakan Relasi Rangkaian Logika Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Hal ini terlihat dari nilai X2hitung = 14,736 yang lebih besar dari X2tabel yaitu 3,84.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 018 |
Keywords: | PENGARUH, TWO STAY TWO STRAY, MEMBEDAKAN RELASI RANGKAIAN LOGIKA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:46 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29022 |