RITONGA, SAHRENI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI KINEMATIKA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321043 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4133321043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. NIM 4133321043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4133321043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 4133321043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 4133321043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 4133321043 TABLES.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8. NIM 4133321043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4133321043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM 4133321043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 4133321043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think-pair-share (TPS) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI Semeester I pada materi pokok Kinematika di SMA Negeri 14 Medan T.P 2017/2018.Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 210 siswa yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI5 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI4 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 33 orang yang ditentukan dengan cara ClusterRandom Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 item yang telah divalidkan oleh validator kemudian diujicobakan untuk mengetahui soal.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,19 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 25,85. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran think-pair-share dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,16 dan kelas kontrol 66,67. Penelitian ini juga memperhatikan sikap dan aktivitas siswa pada kelas eksperimen. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa sikap dan aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama ke pertemuan ketiga. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,08 sedangkan ttabel = 0,67. Karena thitung> ttabel (2,08>10,67) maka Ho ditolak, dengan demikianhasil belajar Fisika kinematika menggunakan model think-pair-share (TPS) lebih baik dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar konseptual dan faktual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 044 |
Keywords: | Model, kooperatif tipe think-pair-share, Diskusi, Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:15 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28943 |