WAHYUTI, SUTRIA PUTRI (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121052 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4133121052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3. NIM. 4133121052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 4133121052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM. 4133121052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 4133121052 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 4133121052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 4133121052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
9. NIM. 4133121052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 4133121052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
14. NIM. 4133121052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan judul Pengaruh Model Problem Based learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis di Kelas XI Semester I SMA Negeri 15 Medan T.P. 2017/2018 bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional.. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dan pengambilan sampel dilakukan secara class random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-MIA7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif siswa. Dari analisa data untuk hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata Pre-test 21,64 dan Post-test 60,41. Kelas kontrol diperoleh rata-rata Pre-test 23,74 dan Post-test 47,93. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji wilcoxon postes Zhitung adalah -0,308 sedangkan Ztabel adalah 0,05 pada taraf nyata 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak dimana Zhitung < Ztabel. Kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis. Rata-rata nilai aktivitas siswa di kelas eksperimen diproleh 75,61 dengan kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 009 |
Keywords: | problem based learning, hasil belajar, fluida statis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:14 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28705 |