PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODOEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DIKELAS VII MTSN KABANJAHE T.A. 2017/2018

SEMBIRING, CICI HARIKA PUTRI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODOEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DIKELAS VII MTSN KABANJAHE T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4131111002. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4131111002. COVER.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 41321111002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 41321111002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4131111002. RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4131111002. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4131111002. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4131111002. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4131111002. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4131111002. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4131111002. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4131111002. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4131111002. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4131111002. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4131111008. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4131111008. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4131111002. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4131111002. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4131111002. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4131111002. BAB I.pdf - Published Version

Download (808kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4131111002. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4131111002. BAB V.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4131111002. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4131111002. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran example non example pada materi untuk siswa kelas VII SMP yang berorientasi pada kemampuan spasial siswa. Kualitas perangkat pembelajaran mengacu berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 SMP Negeri 1 Sei Bingai. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan spasial siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,5 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKS yaitu 3,8 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 93,86% dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan peningkatan hasil post-test kemampuan spasial siswa uji coba I dan uji coba II dengan peningkatan sebesar 3,06.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 029
Keywords: PROBLEM POSING DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:10
Last Modified: 21 Mar 2018 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28649

Actions (login required)

View Item
View Item