SEMBIRING, CICI HARIKA PUTRI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODOEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DIKELAS VII MTSN KABANJAHE T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111002. COVER.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
2. NIM. 41321111002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM 4131111002. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM 4131111002. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
5. NIM 4131111002. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
6. NIM 4131111002. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
7. NIM 4131111002. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
8. NIM 4131111008. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
9. NIM 4131111002. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
10. NIM 4131111002. BAB I.pdf - Published Version
Download (808kB) | Preview
14. NIM 4131111002. BAB V.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
15. NIM 4131111002. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran example non example pada materi untuk siswa kelas VII SMP yang berorientasi pada kemampuan spasial siswa. Kualitas perangkat pembelajaran mengacu berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 SMP Negeri 1 Sei Bingai. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan spasial siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,5 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKS yaitu 3,8 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 93,86% dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan peningkatan hasil post-test kemampuan spasial siswa uji coba I dan uji coba II dengan peningkatan sebesar 3,06.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 029 |
Keywords: | PROBLEM POSING DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28649 |